Tips Berpakaian Formal untuk Kerja dan Interview bagi Muslimah

23.13

Tips Berpakaian Formal untuk Kerja dan Interview bagi Muslimah

http://nengflora.blogspot.co.id/2016/07/tips-berpakaian-formal-untuk-kerja-dan.html
Sumber foto: inayah.co.uk
Bulan Agustus 2016 akan menjadi tahun ke 6 saya mengenakan kerudung. Setelah beberapa tahun kerja di media yang fleksibel sekali pakaiannya, kini saya bekerja di sebuah perusahaan jasa yang mengharuskan karyawannya berbusana formal. Jadilah jeans, kaos, blus dan sneakers berganti dengan kemeja, celana/rok bahan, batik (tapi tetap ransel-an. Hehe).

Awalnya kagok beneur sis… 2 bidang berbeda, karakter berbeda dan tentu definisi tentang pakaian rapi juga beda. Di kantor yang sekarang, saya bahkan pernah kena tegur atasan karena pakaiannya dianggap terlalu santai. PADAHAL MAH saya pikir ini udah rapi banget! Hahaha. Dan kemudian makin kesini saya belajar bagaimana berpakaian sesuai kultur perusahaan jasa ini yang rapi, sopan, tapi tetap jadi diri sendiri. FYI, preferensi berpakaian saya  sehari-hari begini: bawahan rok, pakaian tidak ketat, kerudung menutup bagian depan, tidak terlalu tebal dan tidak menerawang.

Barangkali ada dedek-dedek yang baru mau mulai mencari kerja ataupun kakak-kakak yang masih kagok berbaju formal dengan rok, ini ada sedikit tips dari saya:



1. Pilih kemeja atau blus yang tidak menerawang
Kini pilihan atasan wanita banyak terbuat dari bahan yang tipis dan melayang. Bahan seperti ini memang cenderung dingin dan enak dipakai. Saran saya jika mau pakai kemeja kerja wanita bahan ini, pilih yang level nerawangnya gak terlalu lebay, dan pilih warna yang gelap. Jangan lupa pakai manset kaos panjang ya, karena kalau pakai tanktop ataupun kaus pendek, disadari atau tidak, siluet tubuh kita akan terlihat jelas saat terpapar sinar matahari. Saya lihat-lihat di situs MatahariMall, cukup banyak juga pilihannya.

 Foto: MatahariMall.com

2. Baju jangan dimasukkan
Gaya berpakaian yang umum dilakukan adalah memasukkan baju atau kemeja kerja wanita pada rok. Menurut saya it’s a big no, karena dapat mengekspos bagian bokong kita. Gak cuma itu, yang punya perut buncit juga keliatan banget! Hehe. Intinya membuat potongan tubuh jadi terlihat jelas. Baju bisa dimasukkan kalau kita menggunakan luaran lagi, misalnya cardigan, vest atau blazer.
Teruuus gimana dong kalo gak dimasukin? Jadi gombrong kepanjangan gitu? Gak dong, siasati kemeja kerja wanita yang kita gunakan dengan pakai ikat pinggang tipis :)
3. Hindari rok ketat
Sebagai orang yang punya speed berlebih saat jalan kaki, saya nggak pas dengan tren rok panjang yang ketat sekali (belum lagi ada belahannya, meskipun ditutup legging). Tampak nggak praktis dan nyusahin. Apalagi pantat dan siluet paha akan terlihat jelas, penampilan juga tampak ‘mencolok’.
Bagi yang mau interview, ini juga bukan pilihan yang bijak. Ingat salah satu rules interview: menggunakan pakaian yang nyaman dan wajar. Penampilan juga sesuatu yang dilihat interviewer. Jangan sampai kita malah risih karena rok dan pakaian ketat, sementara di depan kita bapak-bapak senior di kantor tersebut.
Terus bagaimana dengan rok span yang biasa kita lihat di toko pakaian kerja (misalnya exec*tive)? Potongannya lurus, tidak terlalu ketat, tapi juga tidak terlalu lebar. Nah kalau ini, bisa dipadankan dengan atasan kemeja kerja wanita yang panjangnya melebihi pinggul ataupun pakai cardigan panjang.
Foto: MatahariMall.com
4. Padukan gamis dan blazer
Ini adalah salah satu andalan berpakaian yang simpel dan gak perlu mikir: Pakai gamis atau baju muslim dan didobel lagi dengan blazer. Cukup punya 1, 2 atau 3 blazer warna netral (misalnya hitam, biru gelap dan abu-abu). Blazer bisa di mix&match dengan gamis warna apapun, dipadukan dengan kerudung motif dan gaya sesukanya. Dijamin langsung rapih! Ini gaya andalan saya kalau sedang stay di kantor klien dan diprediksi saya akan bekerja seharian di dalam ruangan ber AC. Hahaha.
5. Pakai rok model rampel atau potongan A
Beberapa alasan saya suka dengan rok model ini: wanita terlihat lebih anggun dan feminim dengan rok, menyamarkan lekuk tubuh, juga tampak lebih rapi. Selain itu, menggunakan rok lebar juga bisa menyamarkan alas kaki saya. Naah kalau begini saya cukup berani untuk sekali-kali pakai sneakers. Dan karena tertutup rok, jadi kan nggak terlalu kelihatan hahaha. 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe